Pengenalan Mengetik 10 Jari

Touch Typing adalah istilah internasional dari Mengetik 10 Jari. Teknik ini adalah teknik mengetik dengan memanfaatkan semua jari (10 jari) tanpa melihat keyboard. Teknik mengetik ini sangat familiar di dunia barat, tetapi tidak familiar di Indonesia.

Teknik mengetik 10 jari bukanlah suatu kewajiban untuk kita yang akan mengoperasikan komputer. Semua orang akan bisa mengetik menggunakan keyboard asalkan sudah mengetahui huruf-huruf. Namun teknik ini akan menjadi sesuatu yang mempercepat kerja dalam bekerja dan membuat tidak cepat lelah ketika bekerja di komputer.

Berikut adalah ilustrasi perbandingan gerak jari antara mengetik 10 jari dengan tidak:

  • Ilustrasi mengetik tanpa 10 jari: 1) Lihat/dengar kata yang akan ditulis –> 2) Lihat keyboard –> 3) Ketik tulisan –> 4) Lihat monitor untuk melihat hasil tulisan.
  • Ilustrasi mengetik dengan teknik 10 jari: 1) Lihat/dengar kata yang akan ditulis –> 2) Ketik tulisan (tangan mengetik dan mata melihat keyboard secara bersamaan).

Ilustrasi gerak jari: Jumlah huruf dasar a-z ada 26, kita dapat bayangkan jika 26 huruf diketik oleh 1 atau 2 atau 3 jari dibandingkan diketik dengan 10 jari, mana yang lebih cepat? Tanpa teknik 10 jari, setiap pergerakan jari dalam meraih suatu tombol akan diikuti oleh pergerakan bola mata. Jika menggunakan teknik 10 jari, mata kita cukup melihat monitor saja, kesepuluh jari akan mencari sendiri tombol yang harus ditekan tanpa perlu dilihat oleh mata.

Dari beberapa ilustrasi diatas, dapat disimpulkan:

  • Dengan teknik 10 jari, pergerakan kepala akan lebih minim sehingga dapat mengurangi kelelahan.
  • Dengan teknik 10 jari, pergerakan jari sangat efektif. Kesepuluh jari akan berbagi tugas. Ini membuat lebih cepat, efisien dan mengurangi kelelahan jari.
  • Dengan teknik 10 jari, pergerakan bola mata akan minim dan mengurangi kelelahan dalam bekerja.
  • Orang mengetik 10 jari itu terlihat Kerennnnnnnnnnnnn!!! 😀

Berikut beberapa video kemampuan mengetik 10 jari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *