Alat yang Digunakan dan Tahapan Belajar Mengetik 10 Jari

Teknik mengetik 10 jari adalah teknik yang tidak sulit dipelajari asalkan ada kemauan yang kuat dan kegigihan dalam berlatih. Teknik ini sangat mempermudah kita dalam bekerja menggunakan media komputer. Selain mempermudah, teknik ini juga membuat kita tidak cepat lelah dalam bekerja.

Baca juga: Pengenalan Mengetik 10 Jari

Dalam belajar mengetik 10 jari tentunya membutuhkan alat dan media. Beberapa alat dan media yang diperlukan untuk belajar teknik ini adalah:

  1. Komputer. Komputer adalah media utama yang kita gunakan. Kita dapat menggunakan komputer dekstop ataupun laptop. Untuk kenyamanan lebih disarankan menggunakan komputer desktop karena posisinya ergonomis. Jika menggunakan laptop, kita akan sedikit terganggu oleh touch pad. Ini dapat diatasi dengan menggunakan keyboard tambahan (keyboard USB) sehingga posisi tangan dalam mengetik nyaman. Jika kita tidak mempunyai komputer, kita dapat menggunakan smartphone yang dihubungkan dengan keyboard menggunakan alat yang disebut OTG. Untuk lebih detail bisa dibaca di artikel Latihan Mengetik Menggunakan Smartphone.
  2. Keyboard Buta (keyboard yang telah dihilangkan tulisannya). Keyboard atau papan ketik memiliki peran penting, karena di alat inilah teknik ini bekerja. Dalam berlatih sebaiknya menggunakan keyboard yang tulisannya dihilangkan. Walau terasa sulit bagi pemula, namun akan mempercepat penguasaan mengetik 10 jari. Tulisan pada keyboard dapat dihilangkan menggunakan cat pilox atau menempelnya dengan isolatif atau stiker.
  3. Koneksi internet. Koneksi internet kita perlukan untuk mengakses web yang akan kita gunakan untuk berlatih. Di internet terdapat banyak web yang dapat digunakan untuk berlatih mengetik 10 jari seperti www.10fastfingers.com,  www.ratatype.com, dan sebagainya.
  4. Aplikasi MaxType Lite atau sejenisnya. Aplikasi ini kita perlukan jika kita tidak memiliki koneksi internet. Aplikasi sejenis MaxType adalah aplikasi khusus belajar mengetik 10 jari secara offline. Sayangnya aplikasi ini hanya dapat berjalan media komputer saja.

Jika alat-alat yang diperlukan telah kita ketahui, selanjutnya kita bahas tahapan-tahapan belajar mengetik 10 jari. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut:

  1. Mempelajari posisi tangan pada keyboard. Ini adalah dinimelajah.comteknik dasar mengetik 10 jari. Dalam tahapan ini kita mempelajari bagaimana posisi tangan kita pada keyboard dan posisi duduk dan sebagainya.
  2. Mempelajari dan menghafalkan mapping keyboard pada jari. Jika teknik dasar telah kita pelajari, selanjutnya kita mempelajari posisi huruf pada jari. Sebagai awal kita harus menghafalkan posisi huruf pada jari. Tahap ini biasanya menjadi tahap tersulit karena dapat menghadirkan kebosanan. Tahap ini adalah tahap yang penting karena dengan hafal posisi huruf pada jari, kita dapat menggerakan jari yang tepat dalam mengetik.
    Baca: Mapping Keyboard Pada Jari Tangan
  3. Latihan. Tahap selanjutnya adalah latihan, latihan, latihan, latihan dan latihan. Latihan yang berulang-ulang dan sering akan membuat jari kita semakin lentur dan hafal dengan sendirinya. Disiplin menggunakan teknik 10 jari akan menjadi kunci keberhasilan. Dalam tahapan ini kita harus sabar, jangan tergesa-gesa ingin cepat menguasai namun teknik yang digunakan salah. Percaya atau tidak jika kita sering latihan dan disiplin, masing-masing jari kita akan memiliki mata sendiri sehingga dalam mengetik kita tidak perlu lagi melihat keyboard.

Demikianlah paparan mengenai alat yang digunakan dan tahapan belajar mengetik 10 jari. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *