Typing Skill: Posisi Tangan Mengetik 10 Jari

dinimelajah.com – Mengetik 10 jari adalah mengetik dengan memaksimalkan semua jari tangan yang kita miliki. Normalnya seseorang memiliki 10 jari tangan. Setiap jari tangan memiliki panjang yang berbeda serta jangkauan yang berbeda pula.

Jari telunjuk dan jari kelingking adalah dua jari yang memiliki jangkauan paling luas sehingga jari-jari tersebut mendapatkan “jatah” tombol yang paling banyak. Ibu jari adalah jari yang paling sedikit mendapatkan “jatah” tombol. Ibu jari hanya menekan tombol spasi, itupun satu tombol dapat ditekan berdua. Namun posisi ibu jari cukup penting, posisi ibu jari yang hanya menyentuh tombol spasi menjadi penyeimbang bagi kedua tangan kita.

dinimelajah, mengetik 10 jari

Perhatikan gambar di atas, terdapat tiga posisi tangan (dari samping) pada keyboard. Gambar paling kiri adalah posisi tangan yang tepat pada keyboard. Posisi tersebut dapat memaksimalkan kecepatan kita dalam mengetik. Gambar yang paling kanan dapat kita gunakan ketika kita dalam rest position (kondisi saat kita tidak menekan tombol/beristirahat). Sehingga posisi yang paling kiri dan paling kanan kita kombinasikan penggunaannya.

dinimelajah, mengetik 10 jari

Perhatikan gambar posisi tangan dari atas. Usahakan tangan sejajar lurus (walau ini tidak mungkin :D), karena struktur bahu kita pasti lebih lebar dari keyboard. Setidaknya posisi tangan mendekati gambar berikut ini.

dinimelajah.com, mengeti 10 jari

Usahakan posisi tangan mirip dengan gambar yang kanan walaupun siku kita akan sedikit menekuk melebar.

Posisi tangan yang baik tentunya akan mempercepat pencapaian kemampuan. Selain itu juga posisi tangan yang bagus akan menghadirkan “pemandangan indah”. Sehingga gaya mengetik 10 jari yang elegan akan menghadirkan pemandangan yang bagus, menggambarkan kemampuan yang bagus sehingga akan menimbulkan kesan yang bagus bagi orang lain yang melihat.

Berdasarkan pengalaman penulis, banyak orang yang terkagum-kagum melihat penulis mengetik dengan teknik 10 jari. Mungkin karena di Indonesia, teknik ini belum umum; berbeda dengan di luar negeri khususnya di Eropa dan Amerika.

Dalam rangka latihan mengetik, kedisiplinan penggunaan teknik 10 jari sangat berpengaruh besar. Kedisiplinan akan mempercepat penguasaan teknik, walaupun di awal-awal akan terasa lambat sekali. Dalam konteks inilah dikatakan berlatih mengetik 10 jari diperlukan kegigihan dan kesabaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *