Jaringan Komputer: Web Server

Belajar Jaringan Komputer – Sebelum kita membahas tentang Web Server, mari kita tes dahulu pengetahuan kita dengan pertanyaan berikut ini.

1. Apakah yang dimaksud dengan Website?
2. Apakah yang dimaksud dengan Web Browser?

Website atau situs web adalah kumpulan halaman web yang biasanya berisikan informasi seperti teks, gambar, video dan lainnya. Halaman-halaman itu saling berkaitan dan biasanya secara default diakses dari halaman depan yang disebut homepage.

Web browser adalah alat atau perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses website. Sehingga website dan web browser adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Website berisikan informasi yang akan diakses sedangkan web browser adalah alat untuk mengaksesnya.

Tahapan Mengakses Website

Sekarang mari kita ingat-ingat langkah-langkah kita mengakses suatu website. Coba perhatikan ilustrasi gambar dibawah ini.
dinimelajah-webserver

Dari gambar tersebut, langkah umum mengakses website adalah:
1. Buka web browser.
2. Ketik nama website (domain) yang akan diakses di bagian address bar web browser lalu tekan enter.

Selanjutnya kita anggap kita berhasil membuka website yang kita akses. Congratulation…!!! Anda sudah bisa mengakses internet walau dengan waipi gratisan :D.

Kalau kita memang “not tidak pintar” coba jawab pertanyaan ini.

  1. Mengapa setelah enter, di web browser muncul website yang kita akses?
  2. Siapa yang ngasih web itu?
  3. Lewat mana dia masuk ke komputer kita?

Kalau mau jawab gampang.. bilang aja karena ada internet, karena konek internet. Ini adalah jawaban yang superb, jawaban yang sempurna :D. Sama seperti pertanyaan mengapa dia meninggal? terus dijawab memang sudah takdir.

Sebagai orang yang belajar komputer, mari kita jawab pertanyaan itu dengan arif dan bijaksana tapi cerdas.  Beberapa pernyataan berikut akan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas:

  • Website yang ada di jaringan internet dapat diakses jika komputer terhubung ke jaringan internet.
  • Website yang kita akses itu berada di suatu komputer yang disebut server. Pada server tersebut terdapat suatu sistem perangkat lunak yang menampung website yang kita akses. Sistem perangkat lunak tersebut disebut dengan Web Server.
  • Pada saat kita menekan tombol enter (setelah memasukkan alamat website yang benar) maka web browser melalui jaringan komputer dan sistem yang ada pada jaringan tersebut akan mencari server website tersebut. Setelah menemukan servernya, sistem akan meminta akses kepada web server, lalu web server akan memberikan halaman yang diminta dalam bentuk dokumen HTML.
  • Proses request dari web browser sampai pemberian halaman oleh web server dilakukan di atas protokol HTTP. Protokol ini adalah suatu standar/aturan yang digunakan acuan bagi seluruh sistem yang terkoneksi internet. Dengan adanya protokol setiap node akan dapat saling berkomunikasi.

    Dalam dunia nyata, protokol itu ibarat bahasa. Bahasa Indonesia membuat semua masyarakat Indonesia dapat saling berkomunikasi. Bahasa Jawa  membuat semua orang jawa dapat saling berkomunikasi. Bahasa Inggris membuat semua orang di dunia dapat saling berkomunikasi. Eittt… yang bisa berkomunikasi tentunya hanya orang-orang yang bisa bahasa-bahasa tersebut.
    Belajar Bahasa Inggris juga bisa disini kok…

Berikut adalah gambar ilustrasi proses antara web server dan client.

dinimelajah.com-web-server

Mengacu pada penjelasan dari https://developer.mozilla.org/, web server mengacu pada dua istilah yaitu hardware dan software.

  • Di sisi hardware, web server adalah komputer yang menyimpan perangkat lunak web server dan file komponen situs web (misalnya, dokumen HTML, gambar, lembar gaya CSS, dan file JavaScript). Web server terhubung ke Internet dan mendukung pertukaran data fisik dengan perangkat lain yang terhubung ke web.
  • Di sisi software, web server mengontrol pengguna web mengakses file yang dihosting. Server ini dapat diakses melalui nama domain web site yang disimpannya, dan mengirimkan konten web site yang dihosting ini ke perangkat client.

Membuat Web Server

Biar keren kayak di internet itu… I wanna make web server by my own… could I? And it must be accessible from the internet network.
Hayoooo… ngerti nggak sama pertanyaan itu? Bahasa Indonesianya gini..“Saya ingin membuat web server sendiri.. bisakah? Dan itu harus bisa diakses dari jaringan internet.”
Itu gampang, untuk membuat web server kita dapat menggunakan beberapa software khusus untuk web server yang sudah ada seperti Apache, nginx, IIS, LiteSpeed, dan lainnya. Saat ini, Apache adalah web server yang paling banyak digunakan. Agar web server kita dapat dikenal di jaringan internet, maka komputer tempat web server berada harus dikenal di jaringan internet. Dengan kata lain komputer tersebut harus memiliki IP Public.
Gimana cara mendapatkan IP Public?
Tinggal beli aja di provider, semuanya bisa dilakukan, yang penting punya uang banyak.
Apakah bisa web server dipasang di laptop atau komputer biasa? 
Tentu saja bisa. Jika komputer tidak terhubung dengan jaringan apapun dengan kata lain stand alone, web server dapat bekerja secara lokal atau di komputer itu sendiri. Jika komputer terhubung dengan jaringan lokal, maka web server dapat diakses dari jaringan lokal tersebut.
Nginstalnya sulit nggak sih?
Ini tergantung skill komputer dan jaringan orang yang menginstal. Tapi secara konsep, web server termasuk salah satu layanan server yang gampang diinstal dan dikonfigurasi.
Demikianlah artikel tentang web server dasar. Istilah-istilah sulit ataupun hal-hal detail tidak disampaikan pada artikel ini dengan tujuan agar tidak mempersulit pemahaman pembaca pemula. Terima kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *