Jaringan Komputer: Pengenalan Jaringan Komputer

Belajar Jaringan Komputer – Jaringan komputer adalah dua atau lebih device yang dihubungkan menggunakan media transmisi dan protokol komunikasi. Device dalam jaringan komputer adalah komputer atau perangkat lainnya seperti printer, router, switch, dan sebagainya yang dapat saling berkomunikasi dalam jaringan.

Pengertian Jaringan Komputer

Untuk memperkuat penjelasan yang telah disampaikan pada awal artikel, mari kita perhatikan gambar berikut.

dinimelajah.com-jaringan komputer

Pada gambar jaringan tersebut terdapat banyak sekali device atau perangkat yang terhubung antara satu dengan lainnya. Masing-masing perangkat memiliki fungsi masing-masing. Semuanya dapat berkomunikasi bahkan berbagi. Berikut beberapa pernyataan yang dapat kita ambil dari gambar tersebut.

  • Jaringan terhubung dengan jaringan internet melalui device yang disebut Modem.
  • Dari modem, internet diteruskan ke jaringan kabel melalui device yang disebut Switch/Hub.
  • Kemudian internet disebarkan melalui media wireless (tanpa kabel) melalui device yang disebut Wireless Access Point (WAP).
  • Komputer yang bukan Server disebut sebagai Client.
  • Semua client biasanya dapat menggunakan printer yang ada.
  • Server adalah komputer yang berfungsi menyediakan layanan jaringan seperti DHCP Server, Web Server, Database Server, dan lain sebagainya.
  • Switch dan WAP adalah perangkat yang berfungsi sebagai terminal yang merupakan penghubung device yang ada pada jaringan.

Media Transmisi

Media transmisi adalah bagian dari jaringan komputer yang berfungsi sebagai penghubung antar perangkat. Dalam kota, transmisi ibarat sebagai jalan yang menghubungkan satu tempat dengan tempat lain. Dalam jaringan komputer terdapat dua jenis transmisi yaitu kabel (wire) atau tanpa kabel (wireless).

Media Transmisi Kabel

Media kabel adalah media yang paling banyak digunakan. Media ini memiliki transfer data yang besar dan stabil. Jenis jaringan lokal atau jaringan yang posisi client nya tidak berpindah-pindah biasanya menggunakan media ini. Terdapat beberapa jenis kabel antara lain: UTP, STP, Coaxial, dan Fiber Optic.

dinimelajah-jaringankomputer

Kabel UTP adalah kabel yang paling banyak digunakan untuk jaringan lokal. Kabel ini memiliki transfer data antara 100 Mbps hingga 10 Gbps.

Kabel STP serupa dengan kabel UTP, kabel ini memiliki tambahan selimut disetiap pasang kawatnya dengan tujuan untuk mengurangi interferensi atau gangguan dari luar.

Kabel Coaxial adalah kabel model lama dan sudah sangat jarang digunakan pada jaringan komputer. Saat ini kabel coaxial masih banyak digunakan menghubungkan televisi dengan antena TV dan juga kabel CCTV. Kabel jenis ini memiliki transfer data 10 Mbps s/d 1 Gbps.

Kabel Fiber Optic adalah kabel yang berbahan dasar serat kaca. Kabel ini memiliki kemampuan melewatkan data yang besar dan cepat. Kabel jenis ini semakin populer sejalan dengan tingginya kebutuhan internet. Walau memiliki kemampuan yang bagus, kabel ini masih jarang digunakan pada jaringan lokal. Kabel ini biasanya digunakan sebagai backbone (tulang punggung) antar jaringan. Kabel ini banyak digunakan oleh ISP untuk memperluas jangkauan jaringannya.

Media Transmisi Tanpa Kabel

Media transmisi ini memangnya ada? Bagaimana bentuknya? Walaupun tidak terlihat wujudnya, jenis ini adalah media transmisi yang biasanya disebut wireless alias tanpa kabel. Medianya adalah gelombang elektromagnetik. Pada suatu jaringan komputer wireless akan ada perangkat yang memancarkan gelombang tersebut. Pada jaringan komputer di atas, WAP adalah perangkat yang bertugas untuk memancarkan gelombang elektromagnetik. Media transmisi ini menawarkan fleksibilitas posisi pada client dalam mengakses jaringan. Dimanapun posisi client, asalkan masih terjangkau gelombang atau sinyal, client masih dapat terhubung ke jaringan. Transmisi ini memiliki kemampuan transfer yang lebih kecil dari pada kabel. Media transmisi ini cocok untuk membangun jaringan skala kecil dan tidak membutuhkan transfer data yang besar seperti jaringan rumahan.

dinimelajah-gelombangelektromagnetik

Protokol Komunikasi

Setelah memahami tentang media transmisi, sekarang kita lanjutkan membahas protokol komunikasi. Ada dua penekanan dalam pengertian jaringan yaitu media transmisi dan protokol komunikasi. Protokol komunikasi adalah aturan yang diterapkan/dipakai dalam jaringan sehingga semua elemen dalam jaringan dapat berkomunikasi. Protokol itu harus dimengerti oleh semua device dalam jaringan. Protokol ini bisa diibaratkan sebagai suatu bahasa yang digunakan dalam suatu komunitas. Agar semua orang dalam komunitas dapat saling berkomunikasi, maka semua orang harus mengerti bahasa yang digunakan.

Banyak protokol yang digunakan pada jaringan komputer. Protokol umum yang paling banyak digunakan untuk jaringan komputer adalah TCP/IP. Protokol ini menjadi tulang punggung dari perkembangan jaringan internet. Dengan protokol ini, semua client akan memiliki sebuah alamat yang disebut alamat IP (IP Address). Alamat IP ini bersifat unik untuk setiap client. Dengan alamat IP inilah semua anggota jaringan komputer dapat saling berkomunikasi.

Manfaat Jaringan Komputer

Sebelum membahas tentang manfaat, coba jawab dulu pertanyaan ini “Apa saja yang bisa kamu lakukan di smartphone yang kamu miliki?”

Jawab:
Saya bisa nonton youtube, bisa buka media sosial, bisa chatting di WA, bisa sharing foto dan video, bisa membuka website, bisa belajar di elearning, bisa voice dan video call, dan sebagainya.

Nah… jawaban Itu merupakan salah satu atau (salah banyak wkwkwk) manfaat jaringan komputer. Jika smartphone kita terhubung ke provider seperti Telkomsel, XL, Indosat, dan lainnya, berarti handphone kita telah terkoneksi ke jaringan komputer mereka. Karena merekalah jaringan mereka lah kita dapat terhubung ke internet, dapat menelpon teman, dapat bertukar informasi, berkomunikasi dan sebagainya.

Berbagi resource hardware seperti harddisk, printer dan CD Room. Dalam suatu ruangan yang semua komputer terhubung ke jaringan lokal, tidak harus setiap komputer memiliki printer. Printer cukup ada di satu atau dua komputer saja. Dengan teknologi jaringan, semua komputer yang ada di jaringan akan dapat menggunakan printer tersebut. Tentunya ini akan menghemat biaya pembelian printer. Begitu juga dengan CD Room.

Berbagi file. Dengan teknologi jaringan, kita dengan mudah dapat berbagi file diantara sesama komputer jaringan. Dengan kemampuan ini kita tidak perlu harus menggandakan file secara manual melalui removable device ataupun CD.

Peralatan Jaringan Komputer

Secara mutlak suatu jaringan dapat dikatakan sebagai jaringan komputer jika memiliki media transmisi dan protokol komunikasi. Kedua hal tersebut yang akan membuat jaringan berfungsi sebagaimana layaknya jaringan komputer. Berikut adalah beberapa peralatan yang ada pada suatu jaringan. Kita berpatokan pada gambar jaringan yang ada pada artikel ini.

  • Client (komputer, smartphone)
    Device ini biasanya disebut client. client adalah perangkat yang berfungsi sebagai pengguna ataupun penyedia layanan pada sistem jaringan. Client yang ada pada jaringan dapat saling berbagi hardware seperti harddisk, printer, dan CD Room. Selain hardware, client juga dapat berbagi koneksi internet dan berbagi file kepada client yang lain. Setiap client yang terhubung ke jaringan harus memiliki Network Adapter. Network Adapter adalah komponen/alat yang menghubungkan suatu device dengan jaringan komputer baik wire atau pun wireless.  Ethernet Adapter untuk jaringan wire dan Wireless Adapter untuk jaringan wireless.dinimelajah.com-belajarjaringan
  • Media Transmisi
    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, media transmisi menjadi sesuatu yang mutlak pada sebuah jaringan komputer. Media transmisi dapat berupa wire (kabel) atau wireless (tanpa kabel). Setiap media transmisi kabel dipasangkan konektor di kedua ujungnya. Kabel UTP akan dipasangkan konektor yang disebut konektor RJ45. Baca juga artikel tentang Konektor RJ45.
    dinimelajah.com-jaringan komputer-kabel utp
  • Switch/Hub
    Device ini berfungsi sebagai penghubung antar device. Switch berfungsi layaknya terminal dimana semua kendaraan akan masuk ke dalamnya.  Di dalam alat tersebut juga akan terjadi pengaturan sehingga tidak terjadi tabrakan karena tentunya akan banyak lalu lintas yang keluar masuk alat tersebut. Untuk fungsi seperti ini sebenarnya lebih tepat jika alat tersebut kita sebut dengan istilah Hub. Dalam dunia jaringan terdapat dua istilah switch. Ada yang mengatakan switch adalah Hub dan ada pula yang mengatakan switch adalah alat yang berfungsi untuk mampu memecah jaringan komputer menjadi lebih kecil. Switch jenis ini mampu membuat beberapa buah Virtual Lan dalam jaringan. Device ini biasanya diidentifikasi dalam jumlah port. Jumlah port bervariasi dari 4, 5, 8, 16, 32, 64, dan 128 port.
    dinimelajah.com-belajar jaringan
  • WAP
    WAP atau Wireless Access Point adalah alat yang fungsinya hampir sama dengan Hub. Alat ini memancarkan gelombang elektromagnetik yang biasa kita sebut dengan sinyal wifi. Sinyal itulah yang akan ditangkap oleh client dan digunakan sebagai media transmisi ke jaringan. Beberapa tipe dari alat ini juga memiliki port RJ45 seperti hub sehingga fungsinya bisa sebagai penghubung jaringan wireless dan penghubung jaringan kabel.
    dinimelajah.com-belajarjaringan
  • Server
    Server biasanya komputer yang menyediakan layanan bagi client. Beberapa layanan yang disediakan seperti DHCP Server, DNS Server, Web Server, NTP Server, File Server, FTP Server, Database Server dan sebagainya. Ada server yang memang hanya berperan sebagai server, namun ada juga server yang difungsikan sebagai server atau client.
  • Modem
    Modem adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer ke jaringan internet. Modem saat ini biasanya memiliki banyak fungsi yaitu sebagai WAP dan juga Hub.

Demikianlah paparan jaringan komputer secara umum. Terima kasih.

 

https://dinimelajah.com/2020/09/05/istilah-dan-kepanjangan-pada-jaringan-dan-komputer/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *