Jaringan Komputer: LAN Tester

LAN Tester adalah alat yang digunakan untuk menguji konektivitas (keterhubungan) suatu kabel jaringan. Alat ini biasanya digunakan untuk menguji kabel dari ujung satu ke ujung lainnya yang telah dipasang konektor RJ45. Alat ini merupakan salah satu alat penting yang harus dimiliki oleh seorang teknisi jaringan. Walau penting, alat ini bukanlah merupakan alat yang wajib, karena tanpa alat inipun kita masih dapat menguji kabel yaitu menguji secara langsung pada jaringan. Terdapat beberapa istilah untuk alat ini antara lain: LAN Tester, Cable Tester, Tester, dan sebagainya.

lan-tester
Gambar 1 – Jenis-jenis LAN Tester yang biasanya ada di pasaran

Di pasaran terdapat banyak sekali jenis LAN Tester. Dari yang murah hingga yang mahal. Dari yang memiliki fungsi sederhana hingga memiliki fungsi yang kompleks. Terdapat ratusan bentuk dan warna tergantung dari produsen. Berikut ini disajikan beberapa jenis LAN Test yang ada dipasaran (seperti biasa, ambil ss dari google aja 😀).

Secara fisik alat ini terdiri dari dua bagian yang dapat dipisahkan sehingga dapat digunakan berjauhan namun tetap hanya menguji satu kabel yang sama. Pada setiap bagiannya terdapat sekelompok lampu berjumlah delapan. ke delapan buah lampu ini sesuai dengan jumlah kawat yang ada pada kabel UTP yang berjumlah delapan. Pada saat pengujian, lampu akan hidup secara bergantian pada interval waktu. Lampu hanya akan hidup jika kawat yang diuji tersambung. Alat ini menggunakan baterai kotak dengan daya 9 volt.

lantester-belajarjaringan
Gambar 2 – Bagian-bagian LAN Tester

Cara Menggunakan LAN Tester

Untuk melakukan pengujian pada kabel, kita tidak harus menggunakan kedua bagian alat. Juga kita tidak harus menguji kedua ujungnya  menggunakan tester. Kita dapat menguji kabel dengan hanya satu ujung saja asalkan ujung lainnya terhubung ke ethernet card device yang sedang aktif. Setelah ujung kabel dipasang pada lubang RJ45, hidupkan alat lalu perhatikan lampu yang menyala. Urutan nyala lampu tergantung pada urutan pemasangan kabel pada konektor RJ45. Jika pada pengujian ada lampu yang tidak hidup berarti terjadi permasalahan pada kabel. Mungkin kawat kabel ada yang putus atau terjadi masalah pada pemasangan konektor. Berikut disajikan dua cara menguji konektivitas kabel dengan LAN Tester.

cable-tester
Gambar 3 – Menguji dengan menggunakan kedua ujung kabel

 

lan tester
Gambar 4 – Menguji hanya pada salah satu ujung kabel, ujung satunya terhubung pada switch

Membeli LAN Tester

LAN Tester biasanya tersedia di toko-toko komputer, toko alat teknik, toko elektronik, atau toko listrik. Harganya bervariasi mulai dari 60 ribu sampai jutaan rupiah. Seorang teknisi jaringan biasanya akan membeli alat ini bersamaan dengan membeli Tang Krimping juga konektor RJ45 seperti gambar di bawah ini.

beli-lan-tester
Gambar 5 – Paket alat untuk membuat jaringan yang dijual di toko online

Permasalahan yang Mungkin Timbul Pada LAN Tester

Berdasarkan pengalaman, terdapat beberapa masalah yang terjadi pada alat ini, antara lain:

  • Beberapa lampu indikator mati sehingga memberikan informasi bahwa ada kawat yang tidak tersambung. Cara mengujinya, saat kondisi belum terpasang kabel, hidupkan LAN Tester lalu perhatikan nyala lampu indikator. Alat norma jika ke semua lampu indikator menyala secara bergantian.
  • Lupa mematikan alat. Memangnya ini masalah? Ini masalah banget!!! Jika alat tidak dimatikan berarti lampu indikator akan menyala terus dan baterai akan habis. Perlu diketahui bahwa baterai kotak memiliki harga yang cukup mahal (sekitar 23 ribu – 27 ribu per biji :D). Ini biasanya terjadi pada LAN Tester yang murah karena tidak memiliki indikator suara. Masalah ini mungkin akan teratasi jika produsen menambahkan suara beep yang akan berbunyi bersamaan dengan nyala lampu indikator.

Demikian artikel tentang LAN Tester ini. Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *