Jaringan Komputer: Kabel UTP

Kabel UTP atau Unshielded Twisted Pair adalah media transmisi yang digunakan pada jaringan ethernet. Jaringan ini adalah jaringan bermedia kabel yang paling populer saat ini. Jaringan ini biasa digunakan untuk jaringan jenis Local Area Network (LAN). Jaringan ini biasa ditemui di perkantoran, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, dan lainnya.

Pada saat diimplementasikan pada jaringan, kedua ujung kabel UTP dipasangkan konektor RJ45. Pemasangan konektor dilakukan menggunakan Tang Krimping. Untuk memperkuat posisi kabel yang di dinding atau tembok biasanya digunakanlah klem kabel atau duck kabel.

Secara fisik, kabel UTP berisi delapan kawat yang memiliki warna berbeda-beda. Kedelapan kawat tersebut dibagi menjadi empat pasangan yang saling melilit. Ini sesuai dengan namanya yaitu Twisted Pair (melilit berpasangan). Ada empat warna utama yang ada yaitu orange, hijau, biru, dan coklat. Warna kawat yang lain ada kombinasi warna utama dan warna putih. Anggota setiap pasangan adalah kawat dengan warna yang sama. Tampilan fisik barang dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

kabelutp

 

Beberapa warna kulit kabel yang ada antara lain: abu-abu, hijau, biru, merah, kuning, dan hitam.
kabelutp

Kategori Kabel UTP

Sampai saat ini terdapat berbagai jenis kabel UTP. Hingga awal tahun 2000-an, kategori 5 (Cat5 dan Cat5e) adalah kategori kabel yang paling populer. Seiring kebutuhan transfer data yang besar, kabel Cat6 mulai menggeser popularitas Cat5. Informasi kategori secara lebih lengkap disajikan pada tabel berikut.

kategorikabel utp

Jika kita perhatikan tabel diatas, maksimal panjang kabel adalah 100 meter. Jika jarak di antara dua titik lebih dari 100 meter maka harus dipasang titik penguat sinyal di antaranya seperti repeater atau hub.

Dimana Membeli Kabel UTP

Kabel UTP dijual di toko-toko komputer dan toko listrik. Kabel ini biasanya dijual dalam satuan meter, namun kita juga dapat membeli dalam satuan roll (isi 300 meter). Harga kabel sangat tergantung pada merk. Kabel standar dijual mulai 7 ribu rupiah per meter. Merk kabel UTP yang umum ada di pasaran antara lain: Belden, DLink, TPLink, dan ProLink.

Permasalahan Pada Kabel

Berdasarkan pengalaman, terdapat beberapa permasalahan yang ditemui pada kabel antara lain:

  • Kabel yang berkualitas rendah biasanya memiliki kawat yang terlalu lentur. Hal ini akan menyulitkan pemasangan konektor RJ45 pada ujung kabel. Delapan kawat yang telah kita susun berjejer rapi kemungkinan akan berubah posisi sebelum dimasukkan ke konektor.
  • Salah satu atau beberapa kawat terputus. Hindari tarikan yang memaksa atau terlalu keras pada saat pemasangan kabel karena hal ini bisa menyebabkan kawat terputus.
  • Salah satu atau beberapa kawat kabel putus digigit tikus. Ini biasanya terjadi pada kabel yang jalur pemasangannya ke belakang meja atau belakang lemari atau atap plafon.

Demikian artikel tentang kabel UTP. Semoga bermanfaat, terima kasih.

https://dinimelajah.com/2020/08/28/alat-yang-digunakan-dan-tahapan-belajar-mengetik-10-jari/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *