Jaringan Komputer: IP Broadcast

dinimelajah.com – IP Broadcast adalah alamat IP yang digunakan untuk menyampaikan informasi ke semua host yang ada pada suatu jaringan. Nomor yang digunakan untuk alamat ini adalah 255. Itu pula yang menjadi alasan mengapa angka 255 tidak boleh digunakan sebagai alamat host.

Contoh jika suatu komputer memiliki IP 192.168.1.80, maka:

  • Komputer tersebut berada pada jaringan kelas C.
  • Alamat jaringan (Network ID) dari komputer tersebut adalah 192.168.1.0.
  • Alamat host (Host ID) dari komputer tersebut adalah kelompok terakhir yaitu 80.
  • Alamat broadcast dari komputer tersebut adalah 192.168.1.255.
  • Alamat jaringan dan alamat broadcast semua komputer pada suatu jaringan sama.

Baca artikel: IP Address

Jika diartikan secara bahasa, broadcast berarti disiarkan. Jika suatu message disiarkan melalui alamat ini, maka semua host yang ada pada jaringan akan menerima message tersebut. Dengan konsep ini, satu host pada suatu jaringan akan dapat berkomunikasi dengan host lain walaupun sebelumnya dia tidak tau host yang akan diajak berkomunikasi.

Perhatikan gambar dibawah ini, sistem kerja broadcast dapat diibaratkan dengan komunikasi yang terjadi antara guru baru dengan siswa di dalam suatu kelas.

broadcastaddress

Konfigurasi alamat broadcast ini tidak terlihat Pada sistem operasi Windows. Sistem operasi ini akan menentukan sendiri alamat broadcast nya sesuai dengan konfigurasi IP yang diberikan. Berbeda dengan sistem operasi Linux khususnya Ubuntu, alamat broadcast dapat kita konfigurasi sendiri walaupun pada akhirnya alamat broadcast harus sesuai dengan ketentuan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *