USB Wifi Adapter, Si Kecil Yang Sangat Bermanfaat

Sebelum kita membahas lebih detail, mari kita simak beberapa pertanyaan berikut ini:

  1. Bagaimana caranya mengonekkan CPU lama ke wifi?
  2. Bagaimana jika wifi laptop rusak?

Frasa CPU Lama pada pertanyaan pertama itu mengarah pada komputer desktop yang memiliki dua bagian utama yaitu CPU dan Monitor. Komputer ini adalah model komputer yang umum ada pada zaman awal komputer personal. Zaman itu terjadi pada tahun 1980-an hingga awal 2000-an. Walaupun saat ini (2022) jenis komputer tersebut masih ada, namun secara kuantitas penggunaannya jauh di bawah komputer laptop dan smartphone.

personal computer dinimelajah.com

CPU adalah kepanjangan dari Central Processing Unit. Hal tersebut secara teknis mengarah pada komponen yang menjadi pusat pemrosesan yaitu processor, namun pada istilah awam mengarah pada beberapa part komputer yang terintegrasi sedemikian rupa dan dibungkus oleh sesuatu yang disebut cashing computer.

 

Ok, let’s back to our topic… CPU yang kita bahas di atas pada umumnya dapat dihubungkan ke jaringan komputer melalui ethernet card yang menggunakan interface RJ45. Dalam bahasa sederhana, komputerdapat dihubungkan ke jaringan komputer dengan media kabel (wired network). Nah bagaimana jika ingin menghubungkan komputer ke jaringan internet jika tidak tersedia jaringan kabel? Solusinya adalah ganti komputer anda dengan laptop yang sudah pasti bisa konek ke wifi! ups….wkwkwkwk.

Solusi murah untuk permasalahan tersebut adalah menambahkan alat yang biasanya disebut dengan USB Wifi. Alat ini ukurannya kecil, kira-kira dua kali ukuran obat sakit kepala merk Panadol sehingga tidak mengurangi estetika dan tidak memakan banyak tempat. Harganyapun murah, berkisar antara 80-150 ribu, walaupun banyak yang lebih mahal.

usb wifi dinimelajah.com

Berdasarkan pengalaman penulis, alat dengan harga tersebut sudah cukup mumpuni untuk menghubungkan CPU ke jaringan wifi baik untuk kebutuhan transfer data ataupun hanya untuk berselancar di internet. Anda dapat mengaktifkan hotspot atau tethering smarphone untuk menyediakan koneksi ke CPU lama anda.

Jawaban atas pertanyaan pertama telah kita bahas, selanjutnya kita menjawab soal yang kedua yaitu “Bagaimana solusi jika perangkat wifi laptop rusak?”.

Ada tiga jawaban antara lain:

  1. Ganti laptop dengan yang baru! ups..
  2. Bawa laptop ke tempat service untuk perbaikan atau penggantian komponen wifi yang rusak.
  3. Beli dan pasang USB Wifi. Ini adalah solusi termurah yang bisa dilakukan. Kecilnya ukuran alat tidak mengurangi estetika dan tidak membuat laptop sulit dimasukkan ke tas.

Solusi ketiga tersebut beberapa kali dilakukan oleh penulis. Solusi terbaik sebenarnya adalah melakukan perbaikan atau mengganti komponen wifi. Namu hal tersebut membuat laptop tidak bisa dipakai dalam beberapa saat/hari hingga perbaikan selesai dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *