Mengenal ISP (Internet Service Provider)

dinimelajah.com – Perkembangan teknologi internet lewat hadirnya ISP membawa banyak perubahan pada dunia. Untuk bisa mengakses internet, Anda perlu terhubung ke jaringan, karena itu, Anda perlu mendapatkan layanan dari ISP atau Internet Service Provider. Sebenarnya apa sih itu ISP?

Pengertian ISP

ISP singkatan dari Internet Service Provider atau bisa disebut Internet Access Provider (IAP). ISP adalah produsen atau lembaga yang memberikan pelayanan kepada konsumen supaya bisa mengakses internet dan berbagai lokasi. ISP ini tidak bisa didapatkan secara gratis, karena ini adalah layanan berbayar. Jaringan yang ditawarkan oleh ISP luas, bisa untuk penggunaan lokal maupun internasional sehingga bisa saling terhubung secara global.

Internet Service Provider (ISP) : GMedia

Untuk bisa mengakses ISP, pengguna memerlukan perangkat tambahan seperti modem atau router yang berfungsi untuk menghubungkan koneksi internet dari ISP ke perangkat.

Fungsi ISP

ISP berfungsi sebagai  penghubung antara perangkat dari pengguna ke internet melalui modem router. Jadi tanpa adanya ISP, Anda tidak bisa mengakses layanan internet, seperti streaming, browsing, berkirim e-mail, dan sebagainya. Fungsi ISP bekerja dengan cara memverifikasi alamat IP (Internet Protocol) dari pengguna, jika sesuai modem akan terhubung ke koneksi internet.

Mengenal ISP (Internet Service Provider) Halaman all - Kompas.com

Berikut juga fungsi lain dari ISP:

  1. Menjadi media yang membantu pengguna internet dalam melakukan aktivitas upload dan download dari internet
  2. Menyediakan layanan jasa koneksi internet kepada masyarakat luas
  3. Menyediakan tempat untuk homepage
  4. Menghubungkan pengguna jasa internet kepada gateway internet terdekat
  5. Menghubungkan pengguna internet kepada layanan informasi yang tersedia di World Wide Web atau WWW
  6. Menyediakan berbagai perangkat modem untuk bisa terhubung dengan jaringan internet
Cara Kerja ISP

Cara kerja ISP yaitu dengan menunggu pengguna jasa internet untuk memberi permintaan akses. Setelah itu pihak ISP akan me-routing jaringan kepada perangkat yang digunakan oleh pengguna jasa.

Mengenal Pengertian dan Kepanjangan dari ISP | kumparan.com

Perangkat ini bisa berupa access point, modem, desktop maupun smartphone. Setelah proses routing jaringan ini selesai, pengguna bisa langsung menggunakan dan menikmati akses internet sesuai dengan kebutuhan.

Perkembangan ISP di Indonesia

Dimulai pada dekade 90-an perkembangan Internet semakin berkembang pesat, di Indonesia sendiri bisnis Internet mulai dikenal sekitar tahun 95-an yang diawali dengan munculnya Internet Service Provider yang menyediakan akses ke Internet dengan bandwidth berkisar antara 14.4 kbps hingga 28.8 kbps. Pada tahun 1994, IndoNet menjadi perusahaan pertama yang menyediakan jasa ISP di Indonesia. Perusahaan IndoNet ini dipimpin oleh Sanjaya. Sambungan awal Internet pada masa itu hanya dapat menggunakan dial-up yang disediakan oleh IndoNet.

Working at PT Indointernet Tbk , Job Opening & Hiring October 2022 | Kalibrr

Hingga akhir tahun 1999 daftar ISP di Indonesia baik yang sudah beroperasi maupun belum beroperasi sekitar 55 ISP, tapi saat ini di tahun 2001 ini jumlah ISP secara keseluruhan yang tercatat di Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) sudah menginjak angka 155 ISP. 

5 ISP Terbaik dan Tercepat untuk Perumahan di Indonesia

1. Biznet Home

Biznet Home adalah layanan internet Wi-Fi yang diperuntukkan bagi pengguna perumahan dan apartemen. Kecepatan koneksinya pun mencapai 150 Mbps untuk download maupun upload. Provider ini dikenal dengan cakupan area yang luas dengan menyediakan layanan kabel fiber optik untuk pengguna di 100 kota di Indonesia.

biznet

2. Indihome Fiber

Indihome Fiber merupakan internet rumah terbaik dari Telkom Indonesia yang dikenal memiliki jangkauan luas. Pasalnya, Telkom merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar yang bisa memberikan layanan internet kepada seluruh masyarakat di seluruh Indonesia. Pengguna dapat memilih paket yang beragam, tergantung dari segi kecepatan internet, harga, dan jumlah layanan. Kecepatan internet yang tersedia mulai dari 10 Mbps hingga 300 Mbps.

indihome

3. MNC Play

MNC Play adalah provider internet yang memiliki kecepatan tinggi di Indonesia. Provider ini memiliki kapasitas network yang mencapai 10 Gbps, dan terjamin stabil. MNC Play menggunakan teknologi Fiber To The Home (FTTH) yang bisa menyediakan jaringan kabel optik 100% di seluruh jalur rumah.

MNC Play

4. MyRepublic

MyRepublic merupakan salah satu provider yang patut diperhitungkan baik dari segi harga maupun kecepatan internet. Mereka punya beragam paket yang harganya mulai dari Rp212.500 saja. Kecepatan internetnya pun fantastis, yaitu mencapai 300 Mbps.

MyRepublic

5. First Media

First Media memiliki layanan paket internet rumah yang cepat, murah, dan unlimited serta pilihan TV kabel berlangganan berkualitas HD terbaik di Indonesia. Layanan internet ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai hiburan dan TV kabel.

first media

Sekian artikel ini, semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih 🙂

Baca juga: Cara untuk melihat MAC Address di HP Android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *