English: Membuat Kalimat Sederhana Dalam Bahasa Inggris

dinimelajah.com – Kalimat adalah rangkaian kata yang selalu kita ucapkan dalam berkomunikasi. Banyak kata yang kita tahu tidak akan berarti jika tidak kita rangkai menjadi suatu kalimat. Nah.. bagaimana membuat kalimat dalam Bahasa Inggris? mari kita perhatikan contoh berikut:

Manakah dari kalimat berikut yang benar dan salah:
I work at bank.
I am work at bank.

I a student.
I am a student.

She beautiful.
She is beautiful.

Konsep Dasar Sebuah Kalimat

Sebuah kalimat dalam Bahasa Inggris harus memiliki sebuah Subjek dan Predikat. Subjek memberitahu kita tentang siapa atau apa kalimat tersebut. Predikat memberitahu kita sesuatu mengenai subjeknya. Predikat dapat berupa kata kerja, kata benda, kata sifat, dsb.

Baca juga: Subyek, Predikat, dan Obyek

Pola minimum kalimat: Subject + Predicate
Penting! Jika predikat adalah kata kerja maka kalimat dapat ditulis langsung sesuai pola tersebut, namun jika predikat bukan kata kerja, maka harus ditambahkan kata kerja penghubung seperti to be (am, is, are).

Mari kita analisis satu-persatu contoh diatas.
I work at bank.
Kalimat tersebut memiliki subjek I, predikat adalah work at bank. kata work adalah kata kerja yang artinya bekerja. Sehingga kalimat ini benar.

I am work at bank.
Seperti kalimat sebelumnya, kalimat ini memiliki subject I dan predikat work at bank. Namun di antara subjek dan predikat ditambahkan kata kerja penghubung yaitu am, sehingga kalimat ini salah.

I a student. 
Kalimat ini memiliki subjek I, predikat a student yang merupakan kata benda. Sesuai catatan diatas, jika predikat bukan kata kerja maka harus ditambahkan to be yang sesuai dengan subjek. Sehingga kalimat ini salah.

I am a student.
Kalimat ini memiliki subjek dan predikat yang sama dengan sebelumnya. Namun ada penambahan to be am di antara subjek dan predikat sehingga kalimat ini benar.

Setelah menyimak penjelasan diatas, mari kita lanjutkan ke kalimat berikutnya.
She beautiful.
She is beautiful.
Bagaimana jawabannya? tentunya kamu sudah bisa dong!

Penambahan Objek dan Keterangan

Sebuah kalimat tentunya tidak hanya berpola dasar seperti pola diatas. Seperti contoh I work at bank (saya bekerja di bank). Tentu saja akan muncul bekerja di bank mana? sejak kapan? dan lainnya. Sehingga kalimat dapat dikembangkan menjadi:

I worked at BCA Bank last year (saya bekerja di Bank BCA tahun lalu).

Bank BCA adalah keterangan tempat dan  last year (tahun lalu) adalah keterangan waktu.

Demikianlah pembahasan singkat dan sederhana tentang membuat kalimat dalam bahasa inggris. Penjelasan ini masih bersifat dasar, masih banyak lagi penjelasan yang lebih kompleks mengenai kalimat. Terima kasih.