English: Condition Sentences

Conditional sentences atau Kalimat pengandaian terdiri atas dua bagian, yaitu anak kalimat (if clause) dan induk kalimat (main clause). Perhatikan kalimat If your drive fast, we will arrive on time at school. (Seandainya kamu mengendarai dengan cepat) ‘If your drive fast‘ adalah anak kalimat (if clause), sedangkan ‘we will arrive on time at school‘ merupakan induk kalimat (main clause).

Ada tiga jenis kalimat pengandaian yang masing-masing berisi tenses yang berbeda.

  1. Conditional Sentences Type 1
    Verb pada anak kalimat ini ditulis dalam bentuk sekarang (present tense), sedangkan verb pada induk kalimat ditulis dalam bentuk akan datang (future simple). Anak kalimat dapat diletakkan di depan ataupun di belakang, tanpa merubah arti.
    Contoh:
    If she knows it, she will tell us.
    He will buy a bicycle if ht gets the money.
    If we run, we‘ll get there in time.
  2. Conditional Sentences Type 2
    Kalimat yang kata kerja anak kalimat ditulis dalam bentuk lampau (past tense), dan kata kerja induk kalimat dalam bentuk conditional.
    If he knew it, he would tell us.
    If I had on umbrella, I would lend it to you.
    If your team won the match, everybody would be happy.
    Anak kalimat pada contoh diatas berbentuk lampau, tetapi maknanya sekarang. Jika diperhatikan tipe 1 dan tipe 2 tidak ada perbedaan waktu. Bentuk lampau pada kalimat tipe 2 bukanlah bentuk lampau yang sebenarnya.
  3. Conditional Sentences Type 3
    Kata kerja pada anak kalimat berbentuk sempurna lampau (past perfect), dan kata kerja kalimat induk ditulis dalam pengandaian sempurna (perfect conditional).
    Contoh:
    If I had known that you were coming, I Would have met you at the airport.
    If he had tried to leave the country he would have been stopped at the frontier.

Itulah gambaran singkat dari conditional sentences. Artikel ini masih sangat dasar, masih banyak penjelasan yang lebih detail tentang Conditional Sentences. Semoga bermanfaat, terima kasih.

https://dinimelajah.com/2020/09/20/english-mana-yang-benar-she-like-you-atau-she-likes-you/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *