Jaringan Komputer: Konektor RJ45

Konektor RJ45 adalah jenis konektor yang dipasang di kedua ujung kabel UTP dan STP. RJ adalah singkatan dari Registered Jack. Konektor ini digunakan pada jaringan dengan standar ethernet. Untuk menggunakan konektor ini, setiap device yang dihubungkan harus memiliki sebuah port ethernet.

dinimelajah.com-utp-cable-ehternet

Secara fisik konektor ini berwarna putih bening dan memiliki 8 tembaga di dalamnya. Kedelapan tembaga itulah yang nantinya akan tersambung dengan kawat kabel UTP.  Di sisi lainnya akan terdapat bagian yang akan mengunci konektor ini jika dipasangkan di port ethernet. Kunci ini akan memperkuat posisi konektor dalam port ethernet. Sering ditemui bahwa bagian kunci pada konektor patah namun kabel masih berfungsi dengan baik. Kunci tidak langsung mempengaruhi koneksi, namun kunci akan mempengaruhi pada kuat atau tidaknya suatu konektor tersambung pada port ethernet. Jika tanpa kunci, konektor rentan lepas yang tentunya membuat koneksi jaringan terputus. Komponen kunci rentan patah jika sering dilakukan pasang cabut kabel pada port ethernet.

Konektor RJ45 adalah jenis konektor sekali pasang/pakai dimana jika saat pemasangan terjadi kegagalan maka harus ganti dengan konektor yang baru. Begitupun saat digunakan terjadi permasalahan seperti ujung kabel lepas, plat tembaga berkarat atau sebagainya, maka konektor ini harus diganti. Tidak seperti konektor alat-alat listrik yang biasanya masih bisa kita perbaiki jika mengalami permasalahan atau kegagalan dalam pemasangan. Berikut adalah gambar konektor sebelum dan sesudah dipasang kabel UTP.

belajarjaringan-rj45

Konektor RJ45 dapat dipasang menggunakan tang khusus yang disebut Tang Krimping (Crimping Tool). Diperlukan pengetahuan dan keterampilan khusus untuk memasang alat ini, namun itu bukanlah hal yang sulit untuk dipelajari. Hanya yang perlu diingat bahwa jika terjadi kegagalan pemasangan berarti konektor itu sudah tidak bisa digunakan lagi.

Pada implementasinya, konektor yang sudah dipasang di kedua ujung kabel, dicolokkan ke port ethernet yang ada di komputer dan device penghubungnya. Biasanya pada port ethernet terdapat lampu indikator yang menandakan bahwa kabel yang kita gunakan berfungsi dengan baik. Untuk lebih detail, silahkan perhatikan gambar di bawah.

jaringankomputer-rj45

Bagaimana dengan komputer yang tidak memiliki port ethernet?
jawabnya adalah “CGT itu…..”. “CGT itu apa Mas?“. Jangan nanya yang aneh-aneh, mari fokus ke materi!!!:D

Bagi komputer atau laptop yang tidak memiliki port ethernet, dapat ditambahkan komponen USB Ethernet Card atau USB LAN Card atau apalah namanya….! Alat ini banyak dijual di toko komputer dan tidak mahal, mulai dari 100 ribuan. Silahkan perhatikan gambar diatas. Pada gambar tersebut disajikan satu laptop memiliki port ethernet, satu laptop lagi tidak memiliki namun ditambahkan dengan USB Ethernet Card.

Cik Gu.. izin bertanya. Dimanakah kita bisa membeli konektor RJ45? kalau mau beli, bilangnya gimana? berapa harga per porsinya? 😀

“Baiklah budak-budak sekaligus…, Cik Gu akan cobe jawab ntu pertanyaan….”
Konektor RJ45 dapat dibeli di toko-toko komputer. Ada yang jual satuan atau bijian, ada juga dijual per box atau per bungkus. Harganya pun murah, mulai dari Rp. 1.000,- sampai puluhan ribu tergantung dari kualitas konektor. Bisa juga beli per box, satu box isinya 100 biji. Bisa juga per bungkus. Per bungkus biasanya berisi 50 biji.

Jika kita membeli konektor, sebaiknya membeli dalam jumlah yang lebih. Hal ini bermaksud untuk menyediakan cadangan jika terjadi kegagalan dalam memasang konektor.

Demikianlah pemaparan tentang konektor RJ45 ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga:

https://dinimelajah.com/2020/09/15/jaringan-komputer-pengenalan-jaringan-komputer/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *